Apakah Pewarna Makanan Aman untuk Bibir? Yuk Simak Penjelasannya!

Mungkin selama ini kita menggunakan berbagai pewarna untuk memperindah bibir kita. Sebut saja lipstik dari bahan kimia. Namun seiring berjalannya waktu, kulit bibir kita responnya tidak bagus terhadap lipstik. Maka penggunaan pewarna lain bisa jadi pilihan.

Salah satunya adalah pewarna makanan. Ya betul, pewarna makanan. Mungkin di sebagian wanita, hal ini terdengar aneh. Namun disebagian orang lain juga sudah banyak yang menggunakan bahan jenis ini untuk mewarnai bibir mereka loh.
Namun yang tetap menjadi pertanyaan utama ialah apakah zat yang terkandung dalam pewarna makanan ini aman untuk bibir kita atau bahkan sebaliknya? Untuk mengetahuinya silakan simak penjabarannya berikut ini:

Pewarna Makanan untuk Bibir

Berikut beberapa penjelasan terkait hal ini. Setidaknya bisa membantu anda agar bisa jadi lebih paham lagi kedepannya terkait hal ini.

A. Secara garis besar

Apakah pewarna makanan aman untuk bibir? Jika secara garis besar, jawabannya adalah benar. Pewarna makanan bisa digunakan untuk memberikan warna di bibir seperti sebuah lip tint atau lip balm. Pewarna makanan yang tentunya aman untuk organ tubuh manusia pastinya tidak ada masalah untuk permukaan bibir.

Untuk pewarna makanan ini juga memiliki beragam sifat. Tergantung dengan jenis-jenisnya. Ada yang terkena kulit akan lama sekali hilangnya, ada juga yang terkena air saja bisa hilang. Bila ingin digunakan untuk mewarnai bibir, maka saran saya adalah dengan menggunakan pewarna makanan yang konsentrasinya tinggi dan daya rekatnya kuat.

B. Keamanan produk

Apakah pewarna makanan aman untuk bibir? Jawabannya adalah tidak selalu. Keamanan produk sebuah pewarna makanan juga sangat mempengaruhi. Jika Anda ingin pewarna makanan yang benar-benar aman untuk bibir maka sebaiknya membeli pewarna makanan yang memiliki izin edar dari BPOM. Jangan membeli pewarna makanan yang tidak memiliki izin resmi walau dikatakan aman.

Pastikan pewarna makanan itu benar-benar pewarna makanan. Bukan pewarna kimia, terlebih pewarna tekstil. Karena bagaimanapun juga, keamanan produk menjadi perhatian utama bagi kita sebelum memilih produk apapun. Dikhawatirkan nanti bukannya menjadikan bibir kita menawan, pengunaan pewarna yang salah justru memucatkan bibir

C. Pewarna makanan alami

Apakah pewarna makanan aman untuk bibir? Jika menggunakan pewarna makanan alami, maka jawabannya tentu sangat aman. Anda bisa membuat pewarna makanan sendiri menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan dengan bahan makanan yang berwarna khusus untuk membuat bibir menjadi berwarna. Namun cara ini cukup merepotkan walau terjamin keamanannya.
Pewarna makanan yang terbuat dari bahan alami memang memiliki keamanan yang tinggi. Tapi resiko pun tetap ada. Misal pengolahan bahan alami yang salah seperti dari tumbuhan yang menghasilkan warna merah, maka justru membuat bibir gatal. Jadi pastikan ketahui dulu keamanan dari bahan alami itu sendiri.

Akhir kata, bahwa pewarna makanan itu aman untuk bibir selama penggunaannya tepat, bahannya tepat dan juga pemilihan produknya tepat. Saya sendiri tidak melarang anda untuk menggunakan pewarna makanan atau kue untuk membuat warna indah dibibir anda, namun anda sendirilah yang harus berhati-hati saat ingin menggunakannya. Selalu pikirkan 2 kali sebelum bertindak.

(Image: qanaahshop.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *